Catatan Harian & Perjalanan. Puisi &Fotografi. Tutorial Blog, Komputer & Media Sosial

MIGRAIN DAN CARA MENGATASINYA

Pusiiiiing… Siapa sih yang ngga pernah ngerasain? Rasa sakit yang tak terkira pada kepala yang bisa mengganggu aktivitas sehari – hari. Apalagi kalo udah pusing sebelah alias migrain.

Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan migrain ini?

Migrain bisa disebabkan oleh peredaran darah yang tidak teratur dalam otak karena kelelahan. So bisa dipastikan hanya orang – orang yang lelah yang mengalaminya. Pencernaan yang tidak baik juga bisa memicu migraine. Radang tonsil alias amandel dan pembengkakan di organ dalam tubuh juga menjadi penyebab berikutnya.

Share:

Berkaca pada Cermin II

Tentang jiwa - jiwa pemilik kegagalan

Di sini kududuk dan berkaca pada cermin
Kutemukan bayangan diriku di sana
Bibir tersenyum mata tertawa
Tapi kulihat hatiku meneteskan lara
Kusaksikan gurat - gurat ketegaran bertaburan
Tapi nyata masih membayang ketidakikhlasan

Kuperintah diriku untuk berhati baja
Tapi ternyata kristal di hatiku berkali - kali pecah
Kupunguti pecahan - pecahan itu, kusatukan lagi
jatuh dan pecah lagi, dan kusatukan lagi

Share:

Berkaca pada Cermin I

Tentang jiwa - jiwa pencari kebenaran

Berkacalah pada cermin
Karena akan kau temukan dirimu di sana
Dirimu yang sesungguhnya

Kau mungkin bisa berbohong kepada yang lain
tentang pikiran - pikiran dan perasaan - perasaan sejatimu
Tapi kau takkan bisa mendustai dirimu
Ketika kau berkaca pada cermin
Meski begitu ingin dan berusahanya dirimu untuk itu
Hati kecilmu takkan mungkin bisa berdusta

Share:

ANAK KUCING AJAIB

Ada - ada aja kucing yang satu ini. Dilihat dari bodinya yang dua kali lebih besar dari bodi kucing kebanyakan, jelas - jelas nih kucing bukan baby lagi. Tapi, apa mungkin karena semasa bayi nggak mendapat asi dari induknya, atau ada penyebab lain, si kucing besar ini tanpa basa - basi  ( emang kucing bisa basa - basi ? ngasal ah ^_^ ) langsung menyusu ke induk yang lagi menyusui bayinya. Dan anehnya, si induk ini sama sekali ngga keberatan. Mungkin karena takut ya? Atau  kasian? Nggak tau deh, coba aja tanya sama si induk. ha ha ha ha



 PS: Thanks buat Andi Wijaya my brother yang udah baik hati take video ini


Share:

PENGUNGSI - PENGUNGSI


free palestine
Kalian dengar tangis kami
Kalian dengar rintih kami
Kalian lihat air mata dan luka kami
Namun adakah kalian rasakan sebenar kami merasakan ?
Hingga hal serupa menyapa hari – hari indah kalian!

10 Oktober 2001, bagi pengungsi - pengungsi Palestine
Share:

CINTAMU VS CINTA KAMI

freedom and justice to Palestine
Bila di hati tak ada lagi cinta
Sarungkanlah pedang dan tidurlah
Lalu buaikan dirimu dengan dongeng sebelum tidur pilihanmu
Dan anggur kemewahan menginjak - injak harga dirimu
Gerlap kilau emas membungkam idealismemu

Itukah yang kau pilih?
Kebahagiaan semu dengan menjual cinta?
Membekukan fikir dan rasamu
Lalu kau menjadi patung salju abadi
Yang tak cair meski oleh mentari
Sebab sinarnya sendiri tak ingin menyentuhmu

Share:

Impian - Impian Sang Pencinta

perahu dan dermaga


Sekiranya aku bangun sebuah dermaga kasih
Akankah perahu cintamu kelak berlabuh ?
Lalu bernyanyi kita memanggil bulan, bintang—bintang
Matahari dan planet—planet untuk bersulang
Kita petikkan selaksa harpa melagukan semesta
Dan kita tebarkan benih—benih penuh cinta

Di sini kurajutkan sehelai selendang surga
Seisi alam kujalin di wajahnya
Kau genggam ujung yang satu
Kugenggam ujung yang lainnya
Lalu kita pertemukan keduanya pada bola dunia

Hamparan hijau meruah
Bunga—bunga merekah
Burung—burung bernyanyi
Kupu—kupu menari
Sungai –sungai mengalir
Laut dan danau bergelimang satwa air


Kita bangun peradaban penuh bersahaja di atasnya
Kita bersahabat dengan satwa
Kita berlari di antara rumput—rumput liar
Kita rayakan bunga—bunga yang hendak mekar

Kita ajarkan anak cucu kita nyanyian satwa
Kita tunjukkan konser serangga
Kita kajikan ayat—ayat Allah
Kita wariskan hati yang tabah

Oh… akankah impian ini jadi nyata indah?
Sementara bumi yang sekarang semakin renta dan menua
Hutan—hutan berganti rumah kaca
Nyanyian burung lenyap di udara
Tarian kupu tak tertangkap mata
Satwa langka terancam punah

Kejahatan merajalela
Perang saudara sudah biasa
Norma—norma tak tereja
Manusia gelap mata dan menjadi buta
Alam tak lagi ramah kepada kita
Sebenarnya masih ada harapan untuk kita
Bila kita berbenah diri dengan segera
Rasa peduli, cinta dan kasih sayang
Kita tanamkan dari sekarang!


@Horison Biru, 4—5 Desember 1998
photo: private collection
Share:

Selamat Idul Fitri 1431 H

ucapan idul fitri
Share:

Di Atas Roda

fotografi dan puisi
photo: private collection

Share:

Kematian

Kamis, 8 Juli 2010

Kematian memang selalu datang tanpa bisa kita duga waktunya, tapi ia pasti tiba. 

Aku sedang membuat label harga di notebook-ku ketika teman sekantorku membawa berita itu. Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun...Tidak menunggu lama kami segera melarikan kendaraan masing masing ke RSU, tempat ayah teman sekantor kami dirawat. Entah kenapa dadaku terasa sesak. Aku tidak sering merasakan demikian bila mendengar kematian, tapi bukan berarti aku tak punya hati.Tapi seingatku, selain kepergian orang tua dan  anggota keluarga yang lain, hanya satu atau dua kali aku merasa sedih sesedihnya akan kematian orang lain. Saat itu ayah teman sekelasku yang meninggal. Kami berteman cukup dekat. Murni teman. Tapi pada hari itu aku tidak dapat menahan tangisku. Aku menangis seolah akulah yang ditinggalkan ayahku.

Share:

Takkan Kubiarkan Hati Menangis

Takkan kubiarkan hati ini menangis lagi
Setelah kau iris berulangkali
Inilah saatnya kubahagia
Karena ku pantas tuk bahagia

Cinta bukanlah penghambaan budak kepada sang raja
Tapi cinta adalah hujan di padang gersang
Yang menumbuhkan bermacam tanaman
Pepohonan menyimpan air di akarnya dan melepas udara dari daunnya
Sungai – sungai mengalir bermuara ke tempat yang sama
Lalu matahari menguapkan air menjadi awan, awan turun menjadi hujan

Share:

Kutitipkan rahasia hatiku padamu

sudahlah....
satu rintangan terlewati kini
satu teka teki terjawab kini
satu anganku terpupuskan kini

tapi masih ada satu asa yang masih melangkah
walau dalam remang
mencoba memijakkan kaki tetap diatas bumi
dengan tangan menengadah ke langit
ya Allah...
pantulkanlah cinta untukku
dari cermin hati hambaMu
yang terpapar oleh cahaya cintaMu
beningkanlah hati kami agar tiada redup pelita kasihMu

posted by Yanie

9 desember 2004, by Keuseuma
"Allah selalu punya cara untuk membuat kita kembali padaNya"
selamat jalan dan tersenyumlah sahabat bahwa raudhatul jannah sedang menunggumu, insya Allah......

Share:

Ketika Teman Lagi Berduka

Saya paling sebel kalau lagi nyeritain kesedihan ataupun hal - hal nggak enak lainnya, teman saya malah ngebanggain kebahagiaannya, keluarganya, betapa baik suaminya,de-el-el,de-es-be. Menurut saya, kok nggak sopan banget ya?

Emang sih, siapa pun kita pasti senang membagikan kebahagiaan ke orang lain. Karena, berbanding terbalik dengan kesedihan, kebahagiaan jika dibagi bukannya berkurang, malah semakin bertambah. Tapi tentunya kita cukup bijak dong melihat kondisi lawan bicara. Masak iya dia lagi sedih kita malah dengan entengnya nyeritain liburan kemarin yang asyik punya. Di mana dong sensitifitas kita sebagai seorang teman?
Share:

Merasakanmu di Hatiku......

Ada sebenarnya
Hanya tak terlihat
Dia berwujud
Namun tak terjamah
Bersuara juga
Tapi ku tak dengar
Hanya bisa kurasakan
Indahnya dalam hati....
Mengenalmu butuh waktu
Apalagi mencintaimu
Tapi untuk menyayangimu
Aku bisa lakukan kapanpun....

posted by Yanie
Share:

Lelaki yang Berusaha Menyenangkan Hati Semua Orang

whatever we say, whatever we do, people will always have something to say
Kita tidak akan pernah bisa menyenangkan hati semua orang. 
Berbuatlah apa yang menurutmu benar

Alkisah, ada seorang lelaki yang selalu berusaha menyenangkan hati semua orang. Pria ini hidup sebagai petani di desa dengan seorang istri dan anak lelakinya.

Pada suatu hari, ayah dan anak ini pergi ke kota sambil membawa seekor keledai. Mereka akan menjualnya di pasar. Sambil menuntun keledai yang juga berjalan dengan sabar, ayah dan anak lelakinya saling berbagi cerita. 

Share:

The Highest Converting Traffic I've Ever Seen...

Traffic Stats
Viral Traffic Seeds is a new site that says it guarantees more web visitors and site advertising with very little effort or cost. More importantly, it promises higher online CONVERSIONS--signups and sales. So I decided to put it to the test...


My first impression was the site looks professional and clean, with an attractive look and feel.It is easy to read and understand.Joining the site was easy and painless--they do offer 2 upgrade options but they are not required to gain the benefits.



Share:

Technorati Claim Token

J24SY9R4Q2WF
Share:

Dering Telepon Malam Itu

Malam itu, kira-kira lima belas menit kurang dari pukul satu, aku sudah berbaring di peraduanku yang sederhana ( maklum lagi di hospital ). Tapi mata ini belum mau terpejam, begitupun ibuku yang terbaring dalam sakitnya. Kembali terngiang, pesan perawat untuk mengangkat bila telepon berdering

Aku sebenarnya malas ketika telepon benar-benar berdering. Tapi Ibu mendesakku. Dengan terpaksa kuangkat gagang putih itu. Ya Allah! Siapa pula ini? Mengawali pembicaraan dengan suara sedih. Suara laki-laki itu, mengatakan bahwa pacarnya telah hilang. Begitu banyak yang dicerocosinya. Ketika aku menanyakan namanya, dijawab olehnya. Malah lengkap disebut nama kakaknya.

Aneh! Kok bicaranya ngelantur ke kaset? Dia nawarin aku segala macam kaset. Aku menolak. Aku jadi curiga, jangan – jangan ini kerjaan perawat yang iseng karena salah satu dari mereka tau aku nyiar di SIS.Kecurigaan itu muncul karena pembicaraan menyinggung soal kaset.


Entah apalagi yang dicerocosinya. Terakhir malah dikatakan bahwa abangnya gila, stress. Selama beberapa saat aku mendengar suara seseorang yang lain. Lalu laki-laki itu terakhir mengatakan bahwa dirinya yang gila, stress. Suaranya pelan, amat pelan. Aku bingung. Apa yang ngisengi aku ada dua orang ya? Karena suaranya beda-beda.

Lalu terdengar bunyi suing, dan hubungan pun terputus. Kuletakkan gagang dan mencoba kembali tidur. Tapi tak bisa. Terbayang-bayang orang – orang yang mungkin ngisengi aku barusan.



Gilanya, aku nggak sempat berpikir kalau yang bicara denganku barusan di telepon itu orang gila! Bener-bener orang gila! Crazy Man! ;))))))))

Pengalaman Aneh Selasa malam, 24 Februari 1998

Share:

Return To Memories

Semasa sekolah dulu, mengucapkan selamat ulang tahun kepada teman-teman merupakan kebahagiaan tersendiri bagi saya. Bahkan meski teman tersebut tidak melakukan hal yang sama. Sementara untuk sahabat pena, saya akan menuliskan ultah mereka tersebut di atas catatan saya pada pelajaran hari itu, selain mengirimkan kartu ucapan. Waktu itu lagi masa-masanya saya menggilai korespondensi. 

Seingat saya ada lebih 60 sahabat pena yang saya punyai saat itu. Tapi sangat sedikit yang bisa saya temukan lagi di Facebook ( Hai Ryen, hai Indra, hai Anis, hai Mbak Dewi =) 

Kalau saya ditanya, ultah ke berapa yang paling berkesan dalam hidup, saya akan menjawab,”17”. Tapi bukan karena pesta yang meriah , apalagi tidak ada tradisi pesta ultah dalam keluarga. 

Saya juga pernah mengalami kejutan “spektakuler” pada ultah saya di akhir masa lajang. Kejutan yang membuat saya menangis, shock dan tertawa di akhirnya. Betul – betul menguras emosi! Tapi itu tidak mampu menandingi momen “sederhana” masa sweet seventeen saya. Dan semua itu masih tersimpan rapi dalam catatan harian masa SMU, dalam bahasa remaja saya tentunya =)

24 November 1996

HAPPY BIRTHDAY TO ME!

Diary, ucapin selamat dong buat gue. Ini kan “My Purple Party” Gue seneng banget! Tadi sore Ari “Selasih” Yani dateng. Doi ngasih kado for me. Trus kita JJS. Pas pulangnya gue buka kado yang doi kirim eh.. kasih maksudnya. Mo tau isinya? Bingkai manis + kartu ultah. Doi ngasih puisi, gini ( gue tulis biar bisa jadi kenangan )

Romantis month, 17 tahun yang lalu
Engkau hadir mewarnai dunia
Dengan tangisan pertama memecah
Tak terasa
Tahun demi tahun berlalu
Dan saat ini, 24 November 1996

Di kala pesta ungu bergema
Saat itu kau telah sweet seventeen
Saat yang indah nian

Sahabat
Kuharap sukses dalam cita-cita
Bahagia segala cinta
Dan tercapai segala asa
Semoga hidupmu makin bermakna

Selamat Ulang Tahun
Welcome to Purple Party

One day, in happy day 1996, Nov. 24

Waduh diary, gue terharu banget. Meski Sabtu sore kemaren tangan gue dicakar si lembok kucing tetangga. Abis gue seneng banget ngegangguin dia. Yach.. dia pikir tuh hadiah ultah untuk gue. Nyokap gue kasih kecupan di pipi kiri kanan + dokat seribay ( maklum lagi seret ), Ewin ngasih kado bombom ( buble gum 2, kopiko 2, relaxa hijau 2 ). Pantesan! Kok nyokapnya sibuk banget nanyain kertas kado ( pada saat gue nulis beberapa baris kalimat ini, Selasih juga nyampein Met Ultah via radio 20.53 WIB ). Gue ngasih kertas sampul warna coklat. Trus, kok di kamarnya kasak kusuk? Gue acuh tak acuh. Eh pas gue makan dia ‘n anaknya ketawa-ketawa. Rupanya Ewin udah megang kado kecil. Gue nyelesein makan dulu. Pas selesai, terima deh tuh gift. Apa ya? Gue buka. Wah .. isinya kotak rokok. Di dalamnya ada bombon yang gue sebutin tadi. Gue makan buble gumnya. Selebihnya dimakan ama Ewin =) Tapi gue seneng banget. Apalagi Bung Ikhsan muterin Katon Bagaskara, Gemini ( Dengan Logika, Cinta Putih, Bukan Semata, Seketika, Ruang Hampa, Selasih ) Padahal minggu paginya gue ngambek kagak dikirimin lagu. Eh rupanya malemnya diputar permintaan gue. Seneeeeng.. banget! 


Saat ini SP gue yang ngirim kartu emang baru 1, Yenty. Gue terima from Mr. Post 20 November. Makanya gue agak-agak manyun beberapa hari belakangan ini. Tapi Ari “Selasih” Yani ngasih kesan buat gue. Gue terharu banget-banget!

Momen “sederhana” dengan bahasa sederhana. Tapi entah kenapa, saya selalu merasa haru bila mengingat dan membacanya
Share:

Kiat Nyaman di Tempat Kerja

1. Awali hari dengan pikiran positif

2. Tersenyum dan menyapa rekan kerja walau beda divisi

3. Buat perencanaan kerja. Apa saja yang akan dilakukan pada hari itu

4. Meja kerja hendaknya terlihat rapi

5. Hiasi meja kerja dengan hal - hal yang disukai. Misalnya saja; foto keluarga, bunga, atau apa saja deh yang kalau dilihat membuat hati nyaman & semangat

Share:

Belajar dari Abraham Lincoln

Abraham Lincoln Photo
Abraham Lincoln, presiden AS ke-16, pernah berkata:"Kegagalan itu ibarat orang yang berjalan. Yang terpeleset biasa dan bukannya jatuh yang membuatnya tak bisa bangkit dan berjalan ke depan"

Ia lahir dan dibesarkan dalam kemelaratan. Kalah dalam 8 kali pemilu. 2 kali gagal total dalam bisnis. Berkali - kali kehilangan pekerjaan dan ditolak dalam mencari pekerjaan. Bahkan keluarganya sempat dipaksa meninggalkan rumah mereka.

Konon, Abraham Lincoln pernah mengidap gangguan syaraf total. Meski demikian, ia selalu memandang semuanya dari sudut pandang optimisme, dan bukan pesimisme

Bagaimana dengan kita?
Share:

Tips Cara Mengatasi Emosi

Artikel ini saya copas dengan izin seorang teman di FB, dan saya update mengikuti perkembangan blog 


Kecerdasan emosi ( EQ ) tidak selalu seiring dengan kecerdasan intelektual alias IQ. Orang yang tinggi IQ-nya belum tentu tinggi pula EQ-nya. 

Ketika emosi dan amarah memuncak maka segala sifat buruk yang ada dalam diri kita akan sulit dikendalikan dan rasa malu pun kadang akan hilang berganti dengan segala sifat buruk demi melampiaskan kemarahannya pada benda, binatang, orang lain, dll di sekitarnya.

Share:

Ketika Harus Gagal dan Kecewa

Dulu pernah kusandarkan letihku pada sepasang mata 
yang kukira bisa meneduhkan jiwa

Tapi ternyata putaran roda waktu membawaku 

pada kenyataan bahwa hidup sering tak sesuai rencana 


Bukanlah hal yang "aneh" lagi kalau banyak hal di dunia ini yang tidak sesuai dengan rencana dan impian kita. Sematang apapun rencana yang kita buat dan usaha kita untuk mewujudkannya. Setinggi apapun impian yang kita bangun. Pada akhirnya kita hanya bisa berkata,"Manusia berencana, Tuhan Menentukan" 


Sakit. Kecewa. Sedih. Marah. Dan lain - lain perasaan akibat kenyataan tak sesuai rencana dan impian adalah hal yang manusiawi saya rasa. Siapa sih yang tak sedih kalau harus kehilangan orang - orang yang kita sayangi dan cintai? Siapa yang tak kecewa bila dikhianati dan disakiti? Siapa yang tak marah bila ... ??? bla.. bla.. bla.. 


Tapi toh pada akhirnya, kita tetap harus kembali "normal" dengan realita yang ada. Harus "nrimo". Ya, meski tahap penerimaan tiap orang tidak sama. Ada yang butuh waktu lama. Ada pula yang mampu segera bangkit dan lepas dari kungkungan rasa kecewa, marah dsb tersebut. 



Anda Mungkin pernah membaca "Kupinang Engkau dengan Hamdalah"-nya M. Fauzil Adhim. Di salah satu bab bukunya ( saya lupa halaman berapa, karena buku tersebut juga telah saya hadiahkan :) beliau mengatakan bahwa ketika kita merasa kecewa, sedih, marah, bukanlah hal yang bijak bila kita terburu - buru "membunuh" rasa itu. 



Kenapa? Karena hal itu tidak akan bertahan lama. Ketika suatu saat memori kita teringat kembali akan hal itu, perasaan tersebut akan bertambah dua kali lipat. 



Beda halnya bila kita membiarkan semuanya mengalir begitu saja. Meski perlahan, rasa itu akan terkikis, terkikis, dan akhirnya hilang sama sekali 



Sama seperti Anda, saya juga berkali kali mengalami kegagalan dan kekecewaan dalam hidup. Dan saya menemukan bahwa apa yang dikatakan M. Fauzil Adhim itu benar adanya 



Kita memang tidak bisa melupakan semua kejadian yang tidak menyenangkan dalam hidup. Kuncinya adalah; Kita tak perlu mengingat - ingat kejadian tersebut kecuali lintasan waktu membawanya kembali ke dalam ingatan kita. 



Sejenak. 

Hanya sejenak
Share:

Popular Posts

Arsip

Cari Kerja Online ?